Senin, 04 Juni 2012

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

pandangan hidup sendiri itu bersifat kodrati. manusia pastinya memiliki pandangan hidup berbeda-beda. karena itu manusia berhak menentukan masa depannya. pandangan hidup itu sendiri artinya adalah pendapat atau pertimbangan yang di jadikan pegangan, pedoman, arah, dan petunjuk hidup di dunia. pendapat atau pertimbangan itu adalah hasil dari pemikiran manusia tersebut berdasarkan pengalaman hidup yang pernah mereka alami.

pandangan hidup banyak sekali macam dan ragamnya, seperti contoh berikut ini :

1. pandangan hidup yang berasal dari agama, yang artinya pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
2. pandangan hidup yang berupa ideologi, yang artinya pandangan hidup kita harus di sesuaikan dengan kebudayaan dan norma dimana kita tinggal.
3. pandangan hidup hasil renungan, dimana pandangan hidup tersebut berasal dari pemikiran kita sendiri.

langkah-langkah berpandangan hidup yang baik adalah sebagai berikut :

1. mengenal
mengenal adalah suatu kodrat bagi manusia sebagai langkah pertama dari setiap aktivitas hidupnya. tentu kita yakin dan sadar bahwa manusia mempunyai pandangan hidup, maka kita dapat memastikan bahwa pandangan hidup itu ada sejak manusia itu ada.

2. mengerti
tahap kedua untuk pandangan hidup yang baik adalah mengerti. mengerti disini di maksud untuk mengerti cara pandang hidup sendiri. bila bernegara kita berpandangan pada pancasila, kita hendaknya mengerti pancasila dan mengatur kehidupan bernegara.
mengerti dalam pandangan hidup disini berperan penting. karena dengan mengerti, ada kecendrungan mengerti apa yang terdapat dalam pandangan hidup itu.

3. menghayati
langkah selanjutnya setelah mengerti tentang pandangan hidup kemudian menghayatinya. dengan menghayati pandangan hidup kita memiliki gambaran yang tepat dan benar tentang menjalani pandangan hidup itu.
menghayati disini di ibaratkan menghayati nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yaitu memperluas dan memperdalam tentang pandangan hidup itu sendiri.

4. meyakini
setelah mengetahui kebenaran dan validitas, baik secara kemanusiaan, maupun di tinjau dari segi kemasyarakatan maupun negara, dan dari kehidupan akherat, maka hendaknya kita meyakini pandangan hidup yang telah kita yakini itu. meyakini itu merupakan suatu hal untuk cenderung memperoleh suatu kepastian sehingga dapat mencapai suatu tujuan hidup.
dengan meyakini berarti secara langsung ada penerimaan yang ikhlas tentang pandangan hidup. adanya sikap menerima secara ikhlas maka ada kecenderungan untuk selalu berpedoman kepadaNYA dalam segala tingkah laku dan segala tindak tanduknya selalu di pengaruhi oleh pandangan hidup yang di yakininya.

5. mengabdi
pengabdian merupakan suatu hal penting dalam meyakini dan meghayati
sesuatu yang telah di benarkan dan diterima baik oleh dirinya lebih-lebih oleh orang lain. dengan mengabdi maka kita akan merasakan manfaatnya. contoh sehari-harinya adalah pengabdian kita kepada orang tua kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar