Jumat, 23 September 2011

INDIVIDU,KELUARGA & MASYARAKAT

INDIVIDU KELUARGA DAN MASYARAKAT

Peranan keluarga untuk individu dan bermasyarakat

Peranan keluarga menggambarkan seperangkat perilaku antar pribadi, sifat, kegiatan yang berhubungan dengan pribadi dalam posisi dan situasi tertentu. Peranan pribadi dalam keluarga didasari oleh harapan dan pola perilaku dari keluarga, kelompok dan masyarakat. Berbagai peranan yang terdapat di dalam keluarga adalah sebagai berikut : Ayah sebagai suami dari istri dan anak-anak, berperan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga, sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya.Sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya, ibu mempunyai peranan untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung dan sebagai salah satu kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya, disamping itu juga ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya. Anak-anak melaksanakan peranan psikosial sesuai dengan tingkat perkembangannya baik fisik, mental, sosial, dan spiritual.
            Dalam jaman sekarang, banyak anak-anak atau remaja yang semakin salah jalan. Contohnya banyak anak jaman sekarang yang mudah untuk terjerumus dalam narkoba. Setiap tahunnya paran pengguna narkoba terutama para remaja terus menigkat. Sudah sewajarnya hal ini kita hentikan. Justru ini adalah merupkan tugas sebagai orang tua dari keluarga untuk mendidik anaknya kejalan yang benar dan juga seharusnya keluarga terus memperhatikan perkembangan anaknya, seperti saat menonton televisi. Seharusnya orangtua memberikan program-program yang mendidik, bukan program atau film televisi yang meyajikan tindak kekerasan. Karena apa yang anak kita liat, dia akan merekam semua apa yang dia liat sebelumnya dan melakukan apa yang dia tonton tadi.
            Dan juga seaharusnya orang tua mendukung segala aktivitas positif yang diikuti anaknya. Karena dari situ lah anak kita dapat  bersosialisasi dengan orang lain dan menjadikannya menjadi anggota masyarakat yang baik. Contohnya mengikuti kerjabakti dan mengikuti organisasi yang positif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar